Tingkatkan kebahagiaan dan keceriaan Anda dengan Berwisata di Pulau Seribu, Rencankan Liburan Anda dari Sekarang hanya di Sheila Tour
Tingkatkan kebahagiaan dan keceriaan Anda dengan Berwisata di Pulau Seribu, Rencankan Liburan Anda dari Sekarang hanya di Sheila Tour
Cara Menghindari dari Mabuk Laut
22 Mar 2024 wisata pulau

13 Cara Agar Terhindar dari Mabuk Laut

Visit Pulau SeribuCara agar terhindar dari mabuk laut sangat penting bagi orang-orang yang sering melakukan perjalanan laut, baik itu pada saat berlibur, maupun dalam perjalanan dalam melakukan aktivitas bekerja.

Mabuk laut adalah kondisi dimana seseorang mengalami pusing di bagian kepala, mata kunang-kunang, dan yang sering terjadi kondisinya terasa mual-mual hingga mengalami muntah dalam perjalanan di lautan.

Paket Wisata Pulau Seribu, Harga Murah (Promo tahun 2024) Klik di Sini untuk Info Selengkapnya...

Oleh karena itu, banyak cara agar kita terhindar dari mabuk laut saat berpergian menggunakan kapal. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda agar terhindar dari mabuk laut;  

1. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Sebelum berangkat melakukan perjalanan laut, Persiapkan diri dengan baik, istirahat atau tidur yang cukup, minimal lima jam. Sehingga, tubuh Anda tetap dalam keadaan fit dan tetap segar bugar di dalam kapal.

2. Isi perut dengan makanan yang mengenyangkan

Isilah perut Anda dengan makanan yang dapat mengenyangkan, tetapi jangan pula terlalu kekenyang. Jangan makan makanan yang banyak mengandung minyak. Perut yang sudah terisi menghindari Anda masuk angin, yang menyebabkan mabuk laut.

3. Siapkan obat-obatan seperti balsem

Obat-obatan penghangat tubuh, seperti balsem, minyak angin, koyo, dan jamu antimasuk angin, sangat cocok untuk Anda yang ingin terhindar dari keadaan mabuk laut. Minumlah soda untuk mengeluarkan masuk angin. Oleskan obat gosok di sekitar area perut, pundak, leher, dan pelipis. 

Minumlah obat antimabuk selagi masih di darat (setengah jam sebelum naik kapal). Biasanya, kalau sudah mabuk minum obat antimabuk akan percuma. Ada obat antimabuk lainnya yang biasa digunakan para mania mancing, yaitu dramamine dan stugeron.

4. Ada saran lain menempelkan beberapa koyo

Menempelkan koyo di bagian punggung, perut atau pusar, dan belakang telinga, sangat membantu Anda untuk tetap terjaga dan terhindar dari mabuk laut, karena terganggunya mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam oleh gerakan selama di laut.

Baca Juga   Private Yacht di Pulau Seribu dan Pesona Kemewahannya

5. Fokus Saat di kapal

Usahakan agar tetap fokus pandangan mata ke garis horisontal. Badan jangan terlalu sering membungkuk, atau melihat ke bawah, ini dapat membuat lebih cepat merasa mual. Selain itu, jangan melihat sesuatu dari jarak dekat.

6. Hindari dari tempat mesin yang berbau solar

Bau bahan bakar minyak jenis solar, biasanya dapat mengakibatkan terpancingnya mabuk laut, karena bau tersebut akan langsung masuk ke otak dan dapat membuat pusing. Maka ada baiknya untuk menghindari dari tempat mesin yang berbau solar.

7. Bawa bekal buah-buahan

Membawa bekal buah-buahan akan menjadi alternatif yang cocok buat Anda yang sering mengalami mabuk laut. Maka, dalam perjalanan laut, Anda bisa memakan buah-buahan tersebut agar kondisi badan segar. Bawa juga minuman jahe untuk mencegah dan mengobati mabuk laut.

8. Jangan minum minuman yang memacu jantung lebih cepat

Meminum minuman seperti alkohol; soft drink; atau kopi, biasanya akan memicu jantung lebih cepat. Oleh karena itu, hindari minum minuman tersebut selama perjalanan laut.

9. Mendengarkan Musik

Jika Anda memiliki Ipod atau MP3 player, begitu kapal bergerak cari tempat duduk yang nyaman dan mulailah pasang musik favorit dengan begitu Anda akan lebih berkonsentrasi ke alunan musik, dan melupakan kondisi berada di laut.

10. Muntahkan

Jika sudah terasa pusing, sebaiknya muntahkan saja. Karena akan membantu Anda merasa lebih enak. setelah itu oleskan tubuh dengan balsem di bagian perut, leher, dan pelipis mata, atau bisa juga hirup aroma minyak angin.

11. Minum Air Laut

Ada beberapa cara untuk mengurangi efeknya bila sudah terlanjur mabuk. Beberapa pemancing menyarankan minum air laut agar dapat mengurangi mabuk laut, bahkan ada pula yang menyarankan nyebur ke laut dan mandi agar tubuh segar kembali.

Baca Juga   Apa yang Dimaksud Snorkeling?

12. Tidur dengan Rileks

Apabila cara cara di atas sudah dilakukan, Anda masih saja mabuk laut, usahakan tidur dengan rileks. Namun, jika benar-benar tidak kuat, obat yang paling ampuh adalah kembali ke daratan dan segera minum obat antimasuk angin.

13. Gunakan jaket bila udara terasa dingin

Memakai jaket dapat membuat tubuh kita hangat, selain itu tubuh akan terlindungi dari angin laut yang biasanya mudah masuk ke pori-pori kulit tubuh kita. Diusahakan selama perjalanan tutupi tubuh Anda dengan jaket, meski cuaca panas, tetapi dengan memakai jaket, Anda bisa lebih aman,

Itulah tadi 13 Cara agar terhindari dari mabuk laut di kapal yang biasanya bagi setiap orang sering mengalaminya. Terutama yang tidak bisa keluar dan berpergian menggunakan kapal laut. Cara tersebut juga bisa membantu Anda dalam perjalanan darat maupun udara. (icn)

Jika sudah mengetahui cara agar terhindar dari mabuk laut. Sudah saatnya rencanakan diri Anda bersama keluarga untuk berlibur di Pulau Seribu. Banyak penawaran terbaik untuk Anda hanya di VISITPULAUSERIBU.CO.ID

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Sewa Mobil Hiace Jakarta, Harga Murah (Include Driver) Klik di Sini untuk Info Selengkapnya...

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
×