Tingkatkan kebahagiaan dan keceriaan Anda dengan Berwisata di Pulau Seribu, Rencankan Liburan Anda dari Sekarang hanya di Sheila Tour
Tingkatkan kebahagiaan dan keceriaan Anda dengan Berwisata di Pulau Seribu, Rencankan Liburan Anda dari Sekarang hanya di Sheila Tour
Program Urban Farming Kepulauan Seribu
21 Mei 2024 News

Kepulauan Seribu Panen Sayuran dari Program Urban Farming

Visit Pulau SeribuUrban Farming Kepulauan Seribu – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, bersama warga yang tergabung dalam dasawisma memanen sayuran dari lahan pertanian perkotaan (urban farming) kepulauan seribu.

Atas keberhasilan itu, petugas Suku Dinas (Sudin) KPKP setempat mengajak warga di kepulauan tersebut untuk memanfaatkan pekarangan guna ditanami beragam tanaman pangan untuk konsumsi sehari-hari serta dapat membantu perekonomian masyarakat.

Paket Wisata Pulau Seribu, Harga Murah (Promo tahun 2024) Klik di Sini untuk Info Selengkapnya...

“Kami mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dan asupan gizi bagi kehidupan sehari-hari,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Rita Sri Lestari di Jakarta, Senin.

Pengelola Docking Kapal Sudin KPKP 

Kepulauan Seribu bersama kader dasawisma Pulau Tidung telah memanen sayur kangkung di lahan di RT 03 RW 04 Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Panen sayuran itu merupakan hasil kerja sama petugas pengelola Docking Kapal Sudin KPKP bersama dengan warga yang tergabung dalam dasawisma.

“Hasil panen sayurannya bagus, total jumlah ada 25 kilogram kangkung yang kami panen dan sayur bayam seberat tujuh kilogram,” kata dia.

Rita mengatakan bahwa sayuran kangkung dan bayam yang dipanen dibagikan kepada petugas dan anggota dasawisma. Sedangkan sebagian lainnya dijual dengan harga Rp5.000 per ikat.

Menurut dia, kegiatan “urban farming” selain membantu edukasi ke warga, juga untuk ketahanan pangan dan peningkatan gizi balita stunting atau tengkes.

“Hal ini yang coba kami edukasi kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan yang ada untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka,” kata dia.

Lurah Pulau Tidung, Hafsah mengatakan, para kader dasawisma Kelurahan Pulau Tidung selalu semangat untuk menjalankan program “urban farming” dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga   Aktivitas di Pulau Pari Kepulauan Seribu

“Mudah-mudahan langkah ini diikuti warga untuk melakukan ‘urban farming’ di lingkungannya. Sehingga lahan yang kosong yang tadinya tidak bermanfaat bisa dijadikan penghijauan yang bermanfaat untuk warga sekitar,” kata dia. (Antara)

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Sewa Mobil Hiace Jakarta, Harga Murah (Include Driver) Klik di Sini untuk Info Selengkapnya...

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
×